Berita

KORPRI Setjen DPR Gelar Donor Darah, Lebih dari 300 Orang Berpartisipasi

08 Juni 2022

 

Ketua KORPRI Setjen DPR RI Djaka Dwi Winarko saat diwawancarai di sela-sela meninjau jalannya acara donor darah.

Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Sekretariat Jenderal DPR RI bekerjasama dengan Keluarga Sehat Donor Darah (KSDD) Parlemen Indonesia dan PMI Provinsi DKI Jakarta menggelar acara donor darah bagi pegawai dan karyawan di Kompleks Parlemen. Kegiatan tersebut diselenggarakan di selasar Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Rabu (8/6/2022).

 

“Syukur alhamdulillah ya, pada hari ini KSDD, Keluarga Sehat Donor Darah Parlemen Indonesia bisa mengadakan lagi kegiatan donor darah. Kegiatan rutin donor darah yang biasanya kita lakukan setiap 3 bulan jadi hari ini menjadi agak istimewa karena pandemi mulai menurun mulai melandai,” ujar Ketua KORPRI Setjen DPR RI Djaka Dwi Winarko, saat meninjau jalannya acara.

 

Sebanyak 300 kantong darah berhasil diperoleh dari acara yang diselenggarakan sejak pukul 08.00 hingga 12.00 WIB ini, dengan rincian dari total 338 orang yang partisipasi, 283 orang yang berhasil mendonor dan 55 orang yang gagal karena alasan medis maupun ketidakhadiran. Menurut Djaka, tingginya antusiasme pegawai dan karyawan di Kompleks Parlemen bisa disebabkan karena terhentinya kegiatan donor darah rutin akibat pandemi yang melanda beberapa saat lalu.

 

“Kita lihat ya pesertanya relatif banyak, melimpah, karena mungkin waktu pandemi kita tidak bisa ini (donor darah). Alhamdulillah sekarang bisa kita lakukan, dan PMI kan juga kekurangan cadangan donornya karena pandemi. Mudah-mudahan dengan kegiatan kita ini, nanti ya kita bisa memberikan tambahan donor darah kepada PMI,” lanjut Djaka.

 

Terkait dengan penyelenggaraan donor darah, Djaka mengatakan bahwa selain yang rutin dilakukan oleh KORPRI dan KSDD Parlemen Indonesia bukan tak mungkin kegiatan serupa juga diselenggarakan untuk memfasilitasi acara yang diselenggarakan oleh Fraksi DPR RI. Menurut Djaka, kegiatan tersebut justru bisa mendatangkan lebih banyak pendonor karena tidak hanya melibatkan pegawai di lingkungan parlemen.

 

“Jadi kita memang (donor darah) itu rutin, kegiatan kita lakukan tetapi tidak menutup kemungkinan nanti juga ada di luar yang rutin itu. Di DPR kan ada Fraksi gitu ya, biasanya tuh kalau nanti ulang tahun Fraksi atau ulang tahun partai itu bisa juga ngadain kegiatan sosial di sini, sehingga nanti yang donor tuh bukan hanya yang kerja, yang beraktivitas di gedung parlemen, tetapi juga katakanlah anggota-anggota dari fraksi dari partai, dari ormas itu bisa donor juga di sini. Nah itu kegiatan itu bisa malah lebih banyak yang hadir,” jelas Djaka.

 

Acara tersebut juga dihadiri oleh Duta Donor Darah DPR RI, Anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti. tersebut memberikan apresiasinya kepada KORPRI dan KSDD PI atas terselenggaranya acara tersebut. Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tersebut juga menyempatkan diri untuk berpartisipasi mendonorkan darahnya.

 

“Saya sangat terharu bangga dan bersyukur sekali kegiatan donor darah untuk kemanusiaan ini saya lihat beberapa waktu sebelum kami datang ke sini antusias dari keluarga besar PMI DKI dan juga KORPRI Setjen DPR RI begitu luar biasa,” ujarnya memberikan apresiasi.

 

Turut hadir pula dalam acara tersebut Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta Rustam Effendi. Rustam memberikan apresiasi atas antusias para peserta donor. Pada kesempatan yang sama ia pun menjelaskan banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari donor darah.


“Luar biasa, yang pertama buat orang yang perlu darah. Sedangkan untuk orang yang berdonor dipastikan dia akan lebih sehat, apalagi secara rutin karena diperiksa kesehatannya, tensinya, diperiksa Hb-nya. Kemudian, tubuh kita bilamana darah kita diambil, maka secara otomatis tubuh kita memproduksi darah baru. Inilah yang kelihatannya terlihat jelas bahwa orang yang berdonor secara rutin itu lebih sehat, lebih segar dan lebih berseri-seri wajahnya,”