Berita

Rayakan Idul Adha, Setjen DPR Gelar Penyembelihan Hewan Kurban

11 Juli 2022

 

 

Sekretariat Jenderal DPR RI bersama Sekretariat Jenderal MPR dan DPD RI menggelar penyembelihan hewan kurban dalam rangka merayakan Hari Raya Iduladha 1443 H, di halaman Masjid Baiturrahman, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/7/2022). Pelaksana Tugas Harian (Plh) Sekretaris Jenderal DPR RI Sumariyandono mengatakan, kegiatan penyembelihan hewan kurban bersama Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) MPR dan DPD RI adalah yang pertama kali dilakukan Setjen DPR RI.

 

Setjen DPR RI, berharap kegiatan bersama ini bisa terus dilakukan setiap tahunnya. “Saya mewakili Pimpinan DPR RI secara khusus berharap pada momentum Hari Raya Idul Adha ini dapat meningkatkan iman dan takwa kepada Allah serta semakin mempererat tali silaturahmi segenap keluarga DPR/MPR/DPD RI maupun masyarakat sekitar komplek parlemen ini,” katanya.

 

Menurut  Pelaksana Tugas Harian (Plh) Setjen DPR RI tersebut, sunnah penyembelihan hewan kurban selain bentuk ketaatan, kesabaran dan keikhlasan dalam memenuhi perintah Allah. Secara perspektif sosial kebangsaan dapat dimaknai sebagai momentum memupuk toleransi untuk mewujudkan kesatuan dan persatuan.

 

Daging kurban boleh dinikmati oleh semua kalangan, tidak terbatas untuk umat muslim saja. Ini menunjukan ibadah kurban adalah ibadah yang bersifat inklusif bukan eksklusif. Inklusivitas sangat  penting menumbuhkan semangat toleransi umat beragama. Toleransi yang dijunjung tinggi founding father kita adalah kunci terwujudnya NKRI yang penuh keragaman.

 

Selain mengajarkan semangat toleransi, lanjutnya, dari dimensi sosial Idul Adha mengajarkan untuk berbagi sesama, khususnya kepada mereka yang tidak mampu. "Ajaran berbagi syarat dengan pesan moral berdimensi sosial yang relevan mengatasi tren menguatnya karakter individualis dan apatisme sebagai efek samping dalam perkembangan masyarkat modern saat ini.

 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baiturrahman Suratna menyampaikan, jumlah hewan kurban yang disalurkan sebanyak 17 ekor sapi dan 12 ekor kambing. "Alhamdulillah tahun ini penerima hewan kurban meningkat, semoga peningkatan ini menambah keimanan kita dan ketakwaan kepada Allah,” ungkap Ratno, sapaan akrab Suratna.

 

Adapun 17 sapi yang disembelih adalah pemberian Wakil Ketua DPR RI (Sufmi Dasco Ahmad), Komisi IV DPR RI, Sekjen DPR RI, Wakil Ketua MPR (Lestari Mutya), Fraksi Golkar, Fraksi Demokrat, Fraksi NasDem, Fraksi PKS dan Fraksi Gerindra, Karo Umum Setjen DPR RI (Rudi Romansyah), Biro BMN, KORPRI DPR dan KORPRI DPD.

 

Sementara 12 kambing merupakan pemberian dari Wakil Ketua MPR RI (Arsul Sani), Koperasi Pegawai Sekretariat Jenderal DPR RI, Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI, Bagian Gedung dan Instalasi  Setjen DPR RI, Sekretariat Komisi VII DPR RI, beberapa karyawan dan partisipan Bank Syariah Indonesia (BSI).